26. 6 Perbedaan TV Android dan Smart TV Dilihat dari Berbagai Aspek

By: Septyna Feby Nurmala 2 min read

Bagi calon pembeli televisi yang mencari variasi, pilihan utama yang tersedia saat ini adalah antara Android TV dan Smart TV. Perbedaan TV Android dan Smart TV ini sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Kedua jenis televisi ini menawarkan fitur-fitur eksklusif yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan hiburan pengguna. Semua televisi yang dapat mengakses konten online menggunakan sistem operasi tertentu dapat disebut sebagai Smart TV.

Namun, Android TV secara khusus dirancang untuk menggunakan sistem operasi Android yang didukung oleh Google. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perbedaan antara android TV dan juga smart TV yang bisa dipahami:

1. Berdasarkan Sistem Operasi

TV pintar dan Android TV memiliki perbedaan signifikan terutama dalam hal sistem operasi yang mereka gunakan. Saat TV pintar mengandalkan beragam sistem operasi tergantung pada mereknya seperti WebOS untuk LG dan Tizen untuk Samsung, Android TV beroperasi di atas platform Android yang dikembangkan oleh Google.

 Dengan Android TV, Anda memperoleh integrasi yang lebih menyeluruh, memungkinkan pengendalian yang lebih mudah melalui perangkat Android seperti ponsel atau smartwatch.

2. Berdasarkan Program Aplikasi

Android TV dan Smart TV memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal aplikasi yang dapat diakses. Android TV mendapatkan keunggulan dari dukungan Android App Store yang kaya dengan lebih dari 10.000 aplikasi, memperluas pilihan bagi pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mereka. 

Sebaliknya, Smart TV dengan sistem operasi khusus seperti Tizen OS atau WebOS cenderung memiliki pilihan aplikasi yang lebih terbatas, terutama di luar aplikasi bawaan yang sudah ada.

3. Berdasar Dukungan Aplikasinya

Dalam perbandingan antara Smart TV dan Android TV dalam hal ketersediaan aplikasi, Android TV unggul. Android TV menyediakan lebih dari 6.000 aplikasi melalui dukungan Play Store, termasuk layanan terkenal seperti YouTube, Netflix, Disney Hotstar, dan Prime Video, memberikan beragam opsi hiburan kepada pengguna.

Di sisi lain, Smart TV terbatas pada sejumlah aplikasi bawaan yang populer saja, dengan akses terbatas pada pembaruan aplikasi, yang mengakibatkan beberapa aplikasi menjadi tidak didukung. Oleh karena itu, Android TV menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan pilihan aplikasi bagi pengguna dibandingkan Smart TV.

4. Berdasar Fitur Update

Perbedaan tv android dan smart tv yang selanjutnya yakni berdasarkan fitur updatenya. Android TV menawarkan keunggulan dalam pembaruan perangkat lunak dan aplikasi berkat dukungan yang aktif dari pengembang dan integrasi dengan Play Store. 

Dibandingkan dengan Smart TV, yang seringkali mengalami kesulitan dalam mendapatkan pembaruan aplikasi, Android TV menawarkan pembaruan otomatis yang mudah dilakukan melalui koneksi Wi-Fi.

5. Berdasar Fitur Mirroring

Kedua jenis TV menawarkan kemampuan untuk melakukan mirroring dari perangkat seluler ke layar TV. Namun, Android TV menawarkan pengalaman yang lebih lancar dan mudah berkat fitur Chromecast yang terintegrasi, menghasilkan gambar yang jernih dan streaming video dalam kualitas tinggi. 

Sementara Smart TV, meskipun memiliki fitur mirroring bawaan, seringkali memerlukan proses yang lebih rumit untuk menghubungkan perangkat.

6. Berdasar Peforma dan Navigasi

Smart TV cenderung menawarkan performa yang lebih cepat dan antarmuka yang lebih intuitif, memungkinkan navigasi yang mudah di antara aplikasi dan konten yang tersedia.

Di sisi lain, Android TV mungkin memerlukan waktu adaptasi lebih lama bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan ekosistem Android, karena antarmuka yang kompleks dan navigasi yang agak rumit.

Itulah beberapa perbedaan tv android dan smart tv yang bisa diketahui sebelum membelinya. Hal ini tentu cukup penting agar tidak terjadi sebuah penyesalan setelah membelinya.

 

https://inet.detik.com/consumer/d-6463116/7-perbedaan-android-tv-dan-smart-tv-jangan-salah-beli

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231006145706-37-478541/ini-beda-android-tv-dan-smart-tv-banyak-yang-belum-tahu

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231013070116-37-480181/beda-android-tv-dan-smart-tv-supaya-jangan-salah-beli#:~:text=Semua%20TV%20yang%20telah%20menyediakan,OS%20Android%20yang%20didukung%20Google.

 

https://writing.bibme.org/edit/b154e285-23d0-4f40-8098-91ded9b61b99/plagiarism

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *